Siap Mewujudkan Konektivitas Logistik, PIP Semarang Lepas 202 Perwira Pelayaran Niaga

Upacara Pelepasan Perwira Pelayaran Niaga (Bon Voyage) lulusan Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat I, II, III, IV, dan V Program Studi Ahli Nautika dan Teknika sejumlah 202 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dipimpin langsung oleh Mashudi Rofik selaku Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang di Auditorium Balai Mas Pardi pada Sabtu (18/9/2021).

Tema yang diusung kali ini “Lulusan PIP Semarang Siap Menyongsong Era New Normal dan Society 5.0 Guna Mewujudkan Konektivitas Logistik Pacu Ekonomi indonesia”, hal ini diharapkan dapat membangkitkan semangat para wisudawan di tengah kondisi pandemi yang saat ini sedang kita hadapi.

Dalam sambutannya, Direktur PIP Semarang mengungkapkan bahwa saat ini dunia telah memasuki era digitalisasi yaitu era revolusi industri 4.0, dan dalam waktu dekat akan mulai memasuki era society 5.0 yang secara fundamental akan sangat berpengaruh di berbagai aspek kehidupan termasuk pekerjaan.

“Pemerintah perlu melakukan penyesuaian untuk menghadapi era society 5.0 dan pesatnya perkembangan teknologi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya.

Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bahwa SDM merupakan kunci dalam kemajuan transportasi, sehingga lembaga pendidikan transportasi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa depan.

“PIP Semarang sebagai lembaga diklat senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan guna menciptakan lulusan yang kompeten di bidang pelayaran, dan para wisudawan hendaknya tidak cepat berpuas diri dan selalu berusaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” pungkas Direktur PIP Semarang di akhir sambutannya.