LSP P1 PIP Semarang Selenggarakan Workshop “PIPE WELDER”

Pelaksanaan sertifikasi umumnya dilaksanakan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang memiliki lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Sejalan dengan hal tersebut, LSP P1 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang menyelenggarakan Workshop Pengembangan dan Penyusunan Skema Sertifikasi dengan materi “PIPE WELDER”, yang diikuti sebanyak 28 peserta, terdiri dari pegawai dan dosen PIP Semarang. Sesuai dengan pedoman BNSP 301 mengenai asesor kompetensi yang memiliki kompetensi metodologi uji kompetensi (workplace assessment) serta memiliki kompetensi teknis atau kompeten dibidangnya, sehingga perlu dilaksanakan pelatihan bagi asesor LSP P1 PIP Semarang.

Workshop yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 30 Agustus sampai dengan 1 September 2021 mendatangkan dua narasumber dari BBPLK yakni, Sutopo dan Agus Prasetyo.

Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur (wadir) 1 Nasri, M.T. yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada kedua narasumber dari BBPLK serta Ketua LSP P1 PIP Semarang, Andi Prasetiawan, S.ST., M.M. yang telah menyelenggarakan diklat ini sesuai dengan program kerja di tahun 2021.

“Diklat teknis semacam ini mungkin kedepannya dapat kita munculkan, karena diklat-diklat teknis ini kalau tidak kita reviu ulang kembali mungkin kita bisa lupa, yang selama ini memang saya lihat di tahun 2017, 2018,2019 sampai 2020 diklatnya banyak yang umum seperti leadership, pengadaan barang, kemudian manajemen dan kearsipan,” ujar wadir 1 saat membuka workshop, Senin (30/8/2021).

Welder atau juru las adalah pelaksana proses pengelasan untuk menyambung dua logam, aluminium atau material lainnya yang dapat dilakukan penyambungan dengan metode panas. Profesi juru las sering kali disepelekan oleh masyarakat umum, pahadal apabila ahli dalam bidang pengelasan, kompensasinya bisa sangat tinggi. Karenanya, welder yang sudah dapat dikatakan mahir akan mempunyai sertifikat.