PIP Semarang Gandeng Rumah Sakit Tentara Laksanakan Tes Kesehatan 2857 Peserta Sipencatar 2021

Usai dinyatakan lolos tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dalam rangkaian Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) Tahun 2021, sebanyak 2857 peserta melaksanakan rangkaian tes selanjutnya, yakni tes kesehatan. Para peserta berasal dari jalur Reguler Pola Pembibitan (Polbit) dan Reguler non Polbit.

Menurut Ketua Panitia Sipencatar Tahun 2021 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Budi Joko Raharjo, M.M., pelaksanaan tes kesehatan sipencatar kali ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Tk. III 04.06.02 Bhakti Wira Tamtama Semarang dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Pelaksanaan tes kesehatan dilaksanakan dari tanggal 12-24 Agustus 2021 (kecuali hari Minggu dan hari libur nasional). Menurut Koordinator Tes Kesehatan Sipencatar Tahun 2021, dr. Rosvy Walida dalam informasi tertulis menyampaikan, pelaksanaan yang berlangsung selama 10 hari, dari total peserta akan dibatasi menjadi 300 orang per hari.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pelaksanaan tes kesehatan sipencatar menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sebelum melaksanakan tes, para peserta wajib melakukan swab antigen di lokasi. Jika diketahui dari hasil swab “positif”, maka peserta diwajibkan untuk isolasi mandiri selama 10 hari di tempat yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit.

”Pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan fisik termasuk gigi, pemeriksaan mata, pemeriksaan THT, Audiometri, EKG, Rontgen, dan Laboratorium. Khusus untuk calon taruni ditambah pemeriksaan tes kehamilan,” kata dr. Rosvy dalam pesan tertulis, Kamis (12/8/2021).

Pada kesempatan yang sama, secara pararel juga dilaksanakan tes kesamaptaan dan tes wawancara secara virtual dengan media Zoom Meeting di kampus PIP Semarang. Mereka yang berhasil lolos nantinya akan masuk di tiga program studi (Prodi) yang ada. Ketiga Prodi itu meliputi D.IV Nautika, D.IV Teknika, dan D.IV Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan.