Sharing Session with Alumni of Seamanship

Telah dilaksanakan kegiatan Sharing Session with Alumni of Seamanship yang diselenggarakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, dengan tema “Membangun Generasi Maritim yang Mengutamakan Integrity, Service, Responsibility, Learning dan Renewal.”

Acara yang diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan platform Zoom Meeting diikuti oleh seluruh taruna-taruni PIP Semarang, dosen serta para alumni.

Di awali dengan opening speech oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi rofik, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa senang dengan kehadiran para narasumber yang kebetulan mewakili dari tiga institusi besar Sekolah Tinggi dan Politeknik Pelayaran yang ada di Indonesia.

“Harapan saya dengan pengalaman, dengan expertise, dan profesionalisme beliau para narasumber, maka akan memberikan, memperkuat, serta memberikan nilai tambah kepada taruna-taruni PIP Semarang, di samping ada juga wawasan kebangsaan,” kata direktur pada sambutan kegiatan sharing session, Jumat, (7/5/2021)

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan tali silahturami antar taruna-taruni pelayaran dan antar taruna-taruni dengan alumni, serta mewadahi taruna-taruni pelayaran untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi serta kehidupan kerja berbagai sektor peminatan di bidang pelayaran setelah lulus nanti. Diharapkan nantinya output yang dihasilkan dari kegiatan sharing session ini taruna-taruni pelayaran dapat lebih awal mempertimbangkan secara matang.

Sharing Session ini dibawakan oleh narasumber yang handal dan berpengalaman sesuai dengan bidang masing-masing. Para narasumber berasal dari alumni Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, PIP Semarang dan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Pembicara sesi pertama dengan judul “Peran Pelaut dan Pegiat Kemaritiman Indonesia Dalam Satu Konsep Strategi Besar” dibawakan oleh Laksma TNI (Purn) Maghoni, S.E., S.Mn., M.Sc.yang saat ini menjabat sebagai Vice President Pengamanan PT. Pelni sekaligus Ketua Umum Korps Alumni Pendidikan Perwira Pelayaran Besar (KAP3B). Untuk pembicara sesi kedua dibawakan oleh Capt. Hepi Mohamad Faizal, M.M., M.Mar. Direktur Utama PT. Samudera Indonesia Ship Management sekaligus sebagai Ketua Umum Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (CAAIP). Terakhir untuk sesi ketiga dengan judul “Marine Safety and Operations” dibawakan oleh Capt. Agus Salim, M.Mar., Strategic Marine Operation Pertamina Hulu Energi sekaligus Ketua Umum Corps Alumni Bumi Seram (CABM). Acara ini mendapat antusias dan tanggapan yang baik dari Taruna-taruni PIP Semarang, para alumni, dosen, serta seluruh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan PIP Semarang.