PIP Semarang-RJI Selenggarakan Webinar Journal Publishing Manajemen

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang bekerja sama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menyelenggarakan Webinar dengan tema “Journal Publishing Manajemen” pada Kamis, 8 April 2021 pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB. Diikuti oleh Civitas Academica PIP Semarang melalui aplikasi Zoom Meeting serta disiarkan langsung melalui kanal YouTube.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa webinar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan dosen untuk menulis, mereview manuskrip artikel jurnal sampai terbit pada jurnal ilmiah serta memahami etika publikasi dengan benar.

“Diharapkan webinar ini menambah kualitas dosen dan pengelola OJS (Online Jurnal System) sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi penelitian, khususnya di PIP Semarang,” tambahnya.

Webinar ini dipimpin oleh moderator Yoris Adi Maretta, M.Pd., menampilkan tiga narasumber. Pertama, Dr. (Cand) Yusuf Saefudin, M.H., yang memaparkan materi “Penulisan Artikel Ilmiah”. Pada sesi ini narasumber menjelasakan perlunya menulis dan publikasi bagi dosen, kaidah ilmiah dalam suatu artikel, dan hal-hal yang perlu diperhatikan pada artikel ilmiah.

Dr. Sonny Eli Zaluchu, M.A., sebagai narasumber kedua menyampaikan materi “Proses Review dan Editing Artikel Ilmiah.” Sonny menjelaskan alur kerja naskah di dalam OJS, apa saja yang ditelaah oleh reviewer, dan tugas penulis setelah artikel direvisi.

Narasumber terakhir yaitu Dr. (Cand) Arif Zainudin, M.IP., memaparkan materi “Publication Ethics menurut COPE, Arjuna, Anjani.” Etika publikasi menjadi isu yang semakin penting dengan berkembangnya teknologi informasi.