Sosialisasi Program Taspen di Lingkungan PIP Semarang

Taspen (Persero) Cabang Utama Semarang menggelar acara Sosialisasi Program Taspen dalam rangka meningkatkan manfaat dan kesejahteraan peserta PT. Taspen (Persero) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Acara diselenggarakan pada hari Selasa 26/11/2020 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) “Balai Mas Pardi” Kampus PIP Semarang.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum PIP Semarang, Slamet Riyadi, M.Si., yang bertindak mewakili Direktur PIP Semarang serta didampingi Kepala Sub Bagian Umum, Melfin Sirait, S.E., M.M., dan seluruh ASN di lingkungan PIP Semarang baik yang melaksanakan Work From Office (WFO) maupun secara virtual bagi para pegawai yang melaksanakan Work From Home (WFH) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yaitu: mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Pada sambutan di saat pembukaan acara tersebut, Kabag Keuangan & Umum mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat dan tujuan baik untuk para ASN di kemudian hari. Beliau berharap kepada para peserta agar benar-benar mengikuti kegiatan ini sampai selesai agar dapat menambah pengetahuan mengenai apa itu taspen dan perkembangan taspen selanjutnya. Beliau juga berharap agar para peserta kegiatan ini betul-betul memahami dan mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang harus disiapkan seorang ASN sampai masa purna tugas sebagai seorang abdi negara nantinya.

PT Taspen merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi tugas untuk mengelola Program Asuransi Sosial yang terdiri dari Program Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT). Didirikan pada tanggal 17 April 1963 dengan nama Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri yang disingkat menjadi PN TASPEN. Pembentukan Program Tabungan Hari Tua Pegawai Negeri ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah No 9 tahun 1963 tentang Pembelanjaan Pegawai Negeri dan Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1963 tentang Tabungan Asuransi dan Pegawai Negeri. Pendirian PN Taspen di latar belakangi keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri dan keluarganya yang dirintis melalui Konferensi Kesejahteraan Pegawai Negeri pada tanggal 25-26 Juli 1960 di Jakarta. Selanjutnya tahun 1981 PERUM TASPEN mendapat peningkatan status menjadi Perseroan Terbatas berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 1981 dengan nama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri, disingkat PT. Taspen (Persero).