Tingkatkan Kualitas Layanan, Pegawai PIP Semarang Ikuti Pelatihan Pelayanan Konsumen

Sebanyak 90 Pegawai Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, mengikuti Pelatihan Pelayanan Konsumen yang diselenggarakan di Hotel Novotel Semarang. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 November 2020 ini diisi dengan mendengarkan beberapa paparan tentang pengetahuan seputar peningkatan kualitas pelayanan kepada konsumen (service excellence) dari para Narasumber diantaranya Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Semarang dan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Undip Semarang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Dalam pembukaan sekaligus memberikan sambutan, Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, Agus Hariyanto, S.Kom., M.Sc., bertindak mewakili Direktur PIP Semarang menghimbau, dalam pelatihan ini diharapkan kita semua harus paham tentang standar pelayanan kepada konsumen.

“Salah satu contoh pelayanan adalah sikap senyum salam dan sapa, terutama di garda terdepan dalam memberikan pelayanan seperti contohnya di loket pendaftaran, petugas pada garda terdepan wajib memahami seputar service innovation dengan menerapkan 3 poin, yakni sesuatu yang tidak berwujud tapi bisa dirasakan, menciptakan feeling bersama konsumen dan bagaimana kita terus terikat dengan konsumen serta menanamkan mindset konsumen terkait pelayanan yang kita berikan.” ujar Kasubbag Admik.

Narasumber yang berkesempatan pertama kali menyampaikan paparannya adalah: Dimas Adiputra, Service Quality Officer Bank Syariah Mandiri Semarang, dengan materi: Konsep Dasar Pelayanan, Aturan Dalam Memberikan Pelayanan, dan Teknik Memberikan Pelayanan yang Baik. Paparan kedua oleh Narasumber dari Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Semarang, Sinta Veronica, dengan materi: Teknik Komunikasi dan Etika Komunikasi, Teknik Mengenal dan Memahami Konsumen, serta Memahami Harapan dan Emosi Konsumen. Narasumber terakhir yang menyampaikan paparan adalah Decry Massie, Supervisor Customer Service Officier Bank Negara Indonesia 46 Kantor Cabang UNDIP Semarang, materi yang disampaikan: Teknik Menghadapi Komplain Konsumen, Membangun Sistem Penanganan Terhadap Keluhan Konsumen serta Meningkatkan Komunikasi dan Interpersonal Skill Dalam Menghadapi Komplain.

Maksud dan tujuan dari Pelatihan Pelayanan Konsumen ini diharapkan bisa membekali para peserta tentang pemahaman pentingnya pelayanan konsumen di lingkungan PIP Semarang baik secara internal maupun eksternal, serta mampu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan seorang konsumen dan dapat menangani berbagai keluhan para konsumen.

 

Credits: Nadia