Pelaksanaan Screening SWAB PCR Calon Taruna Angkatan LVII PIP Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan pemeriksaan Screening Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada seluruh calon taruna-taruni angkatan LVII Jalur Pola Pembibitan, Reguler, dan Mandiri. Kegiatan PCR dilaksanakan pada hari Kamis, 5 November 2020 di Gedung Serba Guna (GSG) Balai “Mas Pardi” PIP Semarang.

Bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan PCR, Kepala Bagian Administrasi Akademik & Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, setelah kegiatan PCR ini para calon taruna-taruni diharapkan melakukan isolasi mandiri dirumah, seperti tidak berkumpul dalam jumlah yang besar guna pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19 sebelum datang ke asrama.

Kegiatan PCR dikoordinatori oleh Sekretaris Unit Kesehatan, Samsul Hadi, S.Pd., S.Kep.Ns beserta tim Poliklinik PIP Semarang yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro Semarang yang terdiri dari Tim Sampel Swab 5 orang dan Tim Administrasi 2 orang.

PCR merupakan kegiatan pemeriksaan diagnostik Covid-19 yang dimaksudkan guna mencegah dan meminimalisir penyebaran virus corona. Kegiatan dimulai dari tahapan kedatangan peserta dilakukan cek suhu dan cuci tangan, registrasi awal, tempat duduk antrian yang menerapkan physical distancing, lokasi yang sudah disemprot desinfektan, dan pemeriksaan PCR yang diambil swab lendir hidung dan tenggorokan dimana tempat menempelnya virus tersebut. Selain itu untuk petugas medis sampel test ini juga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

.

Credit: Nadya