PIP Semarang Selenggarakan Workshop Evaluasi Penilaian Kinerja BLU

Bandung – Senin, 26 Oktober 2020 Politeknik ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan acara Workshop Evaluasi Penilaian Kinerja Badan Layanan Umum (BLU) di Mercure Nexa Hotel Bandung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Acara dibuka oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc didampingi manajemen dan diikuti oleh seluruh perwakilan unit-unit pengelola. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi serta menyusun mekanisme penilaian capaian target kinerja pegawai berbasis sistem aplikasi yang akan diterapkan pada tahun 2021 sejalan dengan PMK No. 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU Pasal 274.

Hadir sebagai narasumber Dr. Ir. H. Osman Syarief, MKM., Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Bandung. Beliau memberikan pemaparan terkait Pengelolaan BLU khususnya penilaian kinerja pegawai yang diterapkan di Lingkungan Poltekkes Bandung yang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri yang merupakan Unit Pelayanan Teknis di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMKes) Kementerian Kesehatan RI.

Narasumber kedua dihadirkan melalui aplikasi ZOOM meeting yaitu Kepala Seksi Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum II-C Aryo Pinandhito Birowo dan Pelaksana Seksi Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum II-C Mahirsyah Pradana. Pada sesi ini diberikan kesempatan diskusi dan tanya jawab langsung kepada narasumber terkait peraturan dan mekanisme penilaian pencapaian target kinerja pegawai BLU.

Sebagai penutup materi ketiga disampaikan oleh tim dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Supardi, S.Kom terkait rancangan aplikasi e-Performance yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk perbaikan sistem penilaian kinerja pegawai penerapan aplikasi yang smart, mudah dan akuntabel yang dapat diimplementasikan bagi pegawai BLU di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.