PIP Semarang Selenggarakan Kegiatan Finalisasi Penyusunan Laporan Penelitian Tahun 2020

Yogyakarta – Dalam rangka menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya yaitu penelitian, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melaksanakan kegiatan Finalisasi Penyusunan Laporan Penelitian Tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 23 Oktober 2020 bertempat di Grand Ambarukmo Hotel Yogyakarta dengan tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Acara dibuka oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc dan diikuti oleh para peserta dari tenaga pendidik. Dalam sambutannya Direktur menuturkan “Manajemen sangat mendukung penuh terhadap kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para dosen karena selain hal tersebut merupakan kewajiban juga sebagai salah satu Indeks Kinerja Utama dari PK BLU Kementerian Keuangan.”

Narasumber dari Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten. Pada kesempatan pertama Dr. H. Dede Hamdani M.Pd menyampaikan materi “Penelitian yang Baik dan Benar serta Hibah Penelitian”, dimana peserta diajak langsung mempraktekkan dengan mengunduh tools yang akan digunakan mencari artikel jurnal. Materi dengan judul “Publikasi dan Etik” disampaikan oleh narasumber kedua yaitu Soffan Nurhaji, M.Pd. Materi ini banyak memberikan informasi kepada peserta tentang etika dalam penelitian yaitu etika pengumpulan data penelitian dan etika publikasi hasil penelitian, hal ini sangat penting diketahui oleh para peneliti karena masih banyak peneliti yang dianggap belum jujur.

Diperkuat oleh narasumber ketiga Muhamad Nurtanto, M.Pd dengan materi “Strategi Menembus Jurnal Bereputasi”. Nurtanto memberikan tips dan trik serta pengalaman pribadinya sebagai Reviewer Jurnal. Informasi yang diberikan oleh para narasumber diharapkan dapat menjadi referensi bagi para peserta saat melakukan penelitian.

Sebelum acara berakhir diberikan kesempatan kepada para dosen yang sedang melaksanakan penelitian untuk melaporkan progresnya satu persatu sebagai bentuk pertanggungjawaban serta mendiskusikan kendala yang dihadapi agar penelitian yang disusun dapat selesai dengan tepat waktu dan dipublikasikan.