Sidang Skripsi Taruna Semester VIII Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Menjelang periode wisuda September 2020, para taruna-taruni Semester VIII PIP Semarang bergiat menyelesaikan skripsi dan mendaftarkan diri Sidang Skripsi. Setelah mendapatkan jadwal, para taruna melaksanakan sidang dengan wajib mengenakan jas navy blue. Tiga orang dosen bertindak sebagai penguji, yang salah satunya adalah pembimbing skripsi yang bersangkutan. Sidang Skripsi merupakan puncak ujian yang akan menentukan layak atau tidaknya seorang peserta didik Perguruan Tinggi untuk menyandang gelar Sarjana.

Usai mengikuti rangkaian pendidikan dan pelatihan di PIP Semarang selama delapan semester, baik itu di kelas, kegiatan kesamaptaan, serta  praktek kerja di perusahaan/instansi terkait lainnya, taruna wajib menyusun skripsi. Dalam penyusunan skripsi, masing-masing taruna didampingi oleh 2 (dua) orang dosen pembimbing.  Penyusun skripsi memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Setelah melalui sejumlah tahapan bimbingan hingga penyusunan karya tulis selesai, taruna melaksanakan Sidang Skripsi. Dalam kegiatan ini mereka mempresentasikan hasil karya tulis di hadapan dewan penguji untuk mempertanggungjawabkan keorisinilan dan keabsahan data penelitian yang berhasil dikumpulkan atau temuan yang berhasil didapatkan tersebut.

Sebagai wujud rasa kegembiraan, usai sidang taruna yang berminat dapat melaksanakan foto dengan backdrop “Good luck for your Graduated Thesis Defense”. Baik sendiri maupun dengan sesama rekan atau junior.