PIP Semarang Selenggarakan Seminar Online Penulisan Karya Ilmiah Terapan

Sebagai upaya peningkatan keilmuan dan pengetahuan dosen dan taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dilaksanakan Seminar Online dengan tema “Penulisan Karya Ilmiah Terapan” pada Kamis, 17 Juli 2020.

Pembukaan oleh Wakil Direktur I Nasri, M.T., M.Mar.E mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya beliau menyampaian bahwa sebagian peserta seminar ini adalah taruna-taruni Angkatan 55 yang akan melaksanakan praktek kerja lapangan, di darat bagi Program Studi (Prodi) Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK) dan di laut bagi Prodi Nautika dan Teknika. Selain bekerja mereka juga akan melaksanakan penelitian di tempat kerja yang nantinya menjadi bekal penyusunan skripsi.

“Para taruna akan naik di kapal dan darat harus ada persiapan cara mengambil data-data. Baik di lapangan, pelabuhan, kantor, maupun di taruna yang bekerja atas kapal untuk bagian mesin maupun dek. Semestinya mereka sudah menyiapkan tema sehingga nantinya semester 5 6 bekerja setahun di atas kapal, semester 7 sudah ada persiapan untuk sripsi semester 8. Datanya sudah tersimpan,” kata Wadir I.

Kegiatan ini menampikan 3 (tiga) orang narasumber dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Yang pertama Dr. Setyawan Bekti Wibowo, ST., M.Eng. dengan materi “Strategi Punyusunan Proposal Penelitian (state of the art, research gap, novelty)”, lalu Saiqa Ilham Akbar BS, S.E., M.Sc. dengan paparan “Teknik Pengumpulan Data dan Triangulasi Data”, serta Dr. Devi Oktaviana Latif, ST., M.Eng. memberikan materi tentang “Teknik Analisa Data”. Bertindak sebagai moderator Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd. Dosen PIP Semarang.

Penelitian dan Pengembangan merupakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yang termaktub dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 1 Ayat 9. Dua yang lainnya adalah Pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti lebih dari 914 peserta. Selain melalui fasilitas Webinar Zoom juga dapat disaksikan di Channel resmi YouTube PIP Semarang.