Jelang Prala dan Prada, Taruna-taruni Angkatan 55 PIP Semarang Dapatkan Pembekalan

Menjelang pelaksanaan Praktek Laut (Prala) dan Praktek Darat (Prada) di semester V & VI, taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Angkatan LV mendapatkan pembekalan materi pengetahuan dari kampus. Acara bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi dan dibuka pada Rabu, 15 Juli 2020 oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc.

Selain membuka kegiatan, Direktur juga menyampaikan paparan. Beliau meminta para taruna-taruni untuk terus mengingat dan mengaplikasikan pendidikan dan kedisplinan yang mereka terima di kampus saat di tempat praktek dan dunia kerja. Termasuk disiplin waktu dan tetap mengikuti protokol kesehatan di tengah kondisi pandemic covid-19. “Secara pendidikan kadet di bawah perwira. Namun secara pengalaman di bawah semua crew diatas kapal. Karena cadet masih dalam taraf belajar. Jangan lupa di atas kapal mencari pengalaman,”pesannya.

Narasumber selanjutnya adalah  Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan Laut Capt. Sahattua P. Simatupang, M. M., M. H. Beliau menyampaikan materi dengan judul “Pengembangan Kurikulum Untuk Program Pendidikan Baru Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Sdm Pelayaran”. Usai waktu istirahat, sholat dan makan siang, narasumber berikutnya adalah Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) Jakarta, Capt.Rudiana, M.M.

Rangkaian pembekalan pada taruna Pra Prala dan Prada dilaksanakan dalam beberapa hari. Selain Rabu ini direncanakan pula untuk dilaksanakan pada Jumat dan Senin. Materi akan diberikan oleh jajaran manajemen PIP Semarang, juga dari PUKP 05 Semarang, serta Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia (INSA). Selanjutnya mereka akan menyiapkan dokumen laut utk persiapan praktek laut dan darat.