Kuliah Umum Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang di PIP Semarang

Sejumlah 455 Taruna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Angkatan 56 Program Studi Nautika, Teknika dan Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (TALK ) mengikuti Kuliah Umum dari Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang Ir. Junaidi, MM dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Balai Mas Pardi, Gedung Serba Guna (GSG) lantai I pada Senin, 13 Juli 2020.

Kepala Sub Bagian Administrasi Ketarunaan dan Alumni (AKA) Budi Joko Raharjo, M.M., M.Mar.E mewakili Direktur PIP Semarang dalam sambutan pembukaan kegiatan meminta para taruna-taruni untuk mendengarkan paparan dari narasumber dengan baik, mengingat nantinya mereka dalam bekerja akan berhubungan dengan KSOP.

“Bagi para taruna-taruni Nautika & Teknika, kapalnya pasti akan masuk ke suatu pelabuhan. Fungsi KSOP memberikan pengawasan pelabuhan, keamanan, pengendalian dsb. Kemudian TALK banyak yang praktek di KSOP. Pengalaman narasumber kita semua saya yakin cukup menarik. Untuk itu dengarkan dengan baik,” kata Kasubag AKA.

Pada acara inti, Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang menyampaikan materi dengan judul “Membangun Konektivitas Transportasi Laut di seluruh wilayah RI yang Berdaya Saing melalui  Peningkatan Kompetensi SDM  Maritim Menuju Indonesia Maju “. Dalam paparannya Ir. Junaidi, MM. diantaranya menjelaskan mengenai tugas pokok & fungsi dari KSOP. Beliau juga membahas mengenai penyesuaian kegiatan Pelabuhan saat ini dengan menerapkan protokol kesehatan terkait adanya pandemi covid-19.

Selain taruna, nampak hadir juga sejumlah dosen PIP Semarang dalam kegiatan kuliah umum tersebut.