Dosen dan Taruna PIP Semarang Hadiri Webinar Adaptasi Kebiasaan Baru

Sebanyak 60 dosen Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dari tempat masing-masing, serta perwakilan Staf Resimen Taruna mengikuti kegiatan webinar dengan tema “Adaptasi Kebiasaan Baru” secara online. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal ini dilaksanakan pada Kamis, 9 Juli 2020.

Kegiatan dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang juga bertindak sebagai Keynote Speaker. Selanjutnya adalah paparan dari sejumlah narasumber, yaitu Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Achmad Yurianto dengan materi “Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Di Lingkungan Kampus”; selanjutnya Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen menyampaikan materi “Peran Taruna-taruni Dalam Adaptasi New Normal di Masyarakat”; lalu Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Ir. Bernardus Wisnu Widjaja, M.Sc membahas tentang “Tatanan Adaptasi Kebiasaan Baru – Covid-19”; kemudian Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST, M.M. menyampaikan tentang “Keberhasilan Kota tegal dalam Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19”; dan Kepala BPSDM Perhubungan Ir. Sugihardjo, MSi. membahas mengenai “Kebijakan Adaptasi New Normal di Lingkungan Kampus BPSDM Perhubungan”. Bertindak sebagai moderator Direktur PKTJ Tegal Dr. Siti Maimunah, S.Si., M.S.E., M.A.

Pesan kunci dari para narasumber adalah era normal bukan berarti keadaan bebas seperti dulu sebelum adanya covid, akan tetapi dalam berkegiatan saat ini tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker yang menutup hidung dan mulut, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun.