PIP Semarang Selenggarakan Diklat Peningkatan Kompetensi bagi Asesor Bidang Transportasi Laut dan Kepelabuhanan

SEMARANG – Untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi para Asesor Bidang Transportasi Laut dan Kepelabuhanan, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali menyelenggarakan Pelatihan Basic Logistics & Freight Course FIATA (The International Federation of Freight Forwarders Associations) UN ESCAP (United Nations Economic & Social Commission for Asia and Pacific) Standar, Ekspor Impor dan Uji Kompetensi LSP P3.

Pelatihan tersebut terselenggara atas kerjasama PIP Semarang dengan Dewan Pimpinan Wilayah ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia), /ILFA (Indonesian Logistics and Forwarders Association) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilaksanakan selama enam hari, dimulai Senin, 29 Juni 2020 sampai dengan Sabtu, 4 Juli 2020, bertempat di Kantor LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) “LOGIN” (Logistik Indonesia) yang beralamat di jalan Lamongan Raya 61, Semarang.

Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum ALFI/ILFA Wilayah Jateng & DIY, H. Ari Wibowo, S.H., M.H., turut hadir pula Direktur Operasional LKP LOGIN, Gunawan, S.T., M.T., dalam sambutannya Ari Wibowo menyampaikan apresiasi kepada Direktur PIP Semarang yang telah memberikan kesempatan kepada para Asesor untuk selalu meningkatkan kompetensi. “Kami akan selalu mendukung PIP Semarang dalam hal ujian kompetensi dalam bidang logistik untuk para Asesor dan Pengajar”, pungkasnya.

Ada beberapa materi yang disampaikan oleh Pembicara yaitu: Trade Facilitation & Exim, Scope Freight Forwarding & Multimoda yang disampaikan oleh Suprapto Suwaji, S.E., M.M., Packaging & DG oleh Teguh Arif Handoko, S.E., M.Si.,Customs Procedure & Port Procedure oleh Dra. Lulu MRW, M.Si., Carriage of Goods by Sea & Containerization oleh dr. Harsanti Widyaningtyas, CPSCM., Documentary Credit & UCP600 oleh Drs. Slamet Rusman, S.H., M.M., dan Cargo Insurance & Liability Insurance oleh Rustamaji, S.E., M.Si.

Di hari terakhir pelatihan dilaksanakan Uji Kompetensi kepada seluruh Asesor, sejumlah enam orang pegawai PIP Semarang mengikuti pelatihan tersebut yang terdiri dari Asesor dan Dosen dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.