Psikotes, Tes Kesehatan, Samapta & Wawancara Sipencatar Mandiri PIP Semarang 2020

Setelah melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA), peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna/i (Sipencatar) Baru Jalur Mandiri Program Diploma IV Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Tahun Akademik 2020/2021 Gasal  mengikuti psikotes secara online.

Sebanyak 237 peserta dari 255 orang yang dijadwalkan mengikuti psikotes pada Rabu, 10 Juni 2020. Hari berikutnya tes diikuti 231 peserta. Koneksi internet yang tidak stabil di daerah masing-masing peserta menyebabkan beberapa orang mengalami trouble, seperti gagal log in ke sistem sampai hilangnya data tes yang telah dikerjakan. Bagi peserta yang mengalami kendala diberi kesempatan untuk melaksanakan psikotes pada Jumat, 12 Juni 2020. Tercatat 29 peserta mengikuti psikotes susulan tersebut.

Pada tahapan selanjutnya peserta  Sipencatar datang langsung ke PIP Semarang untuk mengikuti tes kesehatan, samapta dan wawancara sesuai jadwal yang telah diumumkan, dimulai dari hari Senin hingga Jumat, 15-19 Juni 2020.

Sebagai rangkaian tes kesehatan, peserta menjalani berbagai pemeriksaan kesehatan meliputi THT, Mata, Gigi,  Audiometri, EKG, Rontgen dan Laboratorium  di Poliklinik PIP Semarang.  Peserta juga mengikuti berbagai jenis tes samapta meliputi lari selama 12 menit, push up, sit up dan shuttle run (lari angka 8) di lapangan bola PIP Semarang. Selanjutnya setelah menjalani istirahat makan siang, peserta kembali mengikuti tes yaitu tes wawancara di Auditorium GSG Balai Mas Pardi. Tentunya seluruh  penyelenggaraan tes tersebut, juga memperhatikan  protokol kesehatan.

Bagi peserta yang berasal dari luar Jawa Tengah dan  kesulitan untuk datang langsung mengikuti tes dikarenakan  pandemi covid-19, PIP Semarang mengizinkan peserta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dari tempat masing-masing sesuai dengan ketentuan yang telah diumumkan.

Sipencatar Jalur Mandiri tahun 2020 ini diikuti oleh 509 orang peserta dari berbagai daerah.