PIP Semarang Laksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program D.IV ke-90

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) melaksanakan kegiatan Sidang Senat Terbuka Wisuda Program D.IV ke-90 pada Rabu, 10 Juni 2020.

Tema wisuda kali ini adalah “Membangun Maritim Indonesia yang Profesional, Mandiri dan Berwawasan Global”. Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. dalam sambutannya menyatakan bahwa tema tersebut sejalan dengan strategi pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah hingga menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Dengan kondisi kenormalan baru ini wisudawan juga harus siap menghadapi tantangan. Mampu dalam persaingan kompetensi, integritas, serta meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris,” pesan Direktur PIP Semarang.

Dalam Laporan Pendidikan, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si menyampaikan jumlah Wisudawan adalah 144 orang terdiri dari 73 Wisudawan Program Studi Nautika dan 71 Wisudawan Prodi Teknika. Wisudawan yang hadir di Auditorium Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19, diantaranya: mengenakan masker, berjarak, dan telah mengikuti rapid test dengan hasil non-reaktif. Sementara yang tidak bisa hadir di lokasi bergabung melalui aplikasi Zoom.

Diantara mereka terdapat wisudawan yang mendapatkan predikat terbaik dan kepadanya diberikan Lencana atas prestasinya, yaitu: “Kartika Niti Jogja” Prodi Nautika, untuk Muhammad Kurniawan Wahyu Widayat, dengan nilai IPK : 3,45; “Kartika Niti Jogja” Prodi Teknika untuk Narto Wibowo, dengan nilai IPK 3,35; “Kartika Nugraha Adhibrata” untuk Najwa Fawaatihun Najah; “Kartika Nugraha Adhiraga” untuk Qodri Dian Eka Saputra; “Kartika Nugraha Adhiwicara” untuk Ahmad Sofyan; “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Nautika” untuk Farih Azhar dan “Kartika Nugraha Adhisastra Prodi Teknika” untuk Ardhi Kurniawan.

Selanjutnya mereka mendapatkan COC (ceritificate of competency) Ahli nautika Tingkat III dan Ahli Teknika  Tingkat III (ANT/ATT III) serta mendapatkan Ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional “Sarjana Terapan Pelayaran” (S.Tr. Pel).