PIP Semarang dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Jalin Perjanjian Kerja Sama

Semarang – Bertempat di Ruang Tamu VIP (Very Important Person) Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi, Lantai II, kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, pada hari Jumat, 5 Juni 2020, pukul 09.00, telah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PIP Semarang dengan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Kedatangan para rombongan disambut oleh Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc berserta jajaran. Perjanjian Kerja Sama ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Kementerian Perhubungan dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor PJ 80 Tahun 2020 dan Nomor 157/I.0/A/2020 tanggal 14 Mei 2020.

Maksud dan tujuan dari Perjanjian Kerja Sama ini adalah melaksanakan kerjasama secara terpadu, sinergi dan berkesinambungan, serta untuk meningkatkan, mengembangkan dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan kelembagaan, sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing pihak. Adapun ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama ini meliputi, pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kolaborasi program studi, pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran serta kerjasama sarana dan prasarana.

Dalam sambutannya, Direktur PIP Semarang menyambut baik perjanjian kerjasama ini, dan berharap dapat terlaksana secara berkesinambungan. Beliau juga mengamanatkan bahwa dalam penandatanganan kerjasama ini yang penting adalah tindak lanjutnya sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pengajaran dan melakukan penelitian bersama bagi para tenaga pengajar (dosen).

Selanjutnya rombongan melanjutkan acara dengan melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas penunjang pendidikan diantaranya, ruang laboratorium dan simulator yang berada di gedung METI dan mengunjungi ruang simulator Dynamic Positioning Training Center yang berada di gedung Integrated Navigations System (INS).