PIP Semarang Selenggarakan Seminar ISM Code

Internasional Safety Management Code (ISM-Code) merupakan standar peraturan manajemen keselamatan internasional untuk keamanan maupun keselamatan pengoperasian kapal dan pencegahan pencemaran lingkungan laut yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO).

Tujuan ISM-Code adalah untuk menjamin keselamatan dilaut, mencegah kecelakaan dan hilangnya jiwa manusia serta menghindari kerusakan lingkungan khususnya lingkungan laut dan serta hilangnya harta benda. Dikatakan oleh Capt. Hadi Supriyono, S.P1, MM, M.Mar dan Drs. Darjono, sebagai narasumber pada Seminar yang diselenggarakan oleh Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Kamis, 13 Februari 2020 bertempat di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna PIP Semarang.

Peserta terdiri dari seluruh taruna-taruni tingkat satu Angkatan 56 dan dari umum baik SMK, Akademi maupun perorangan.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal bukan hanya kepada kapal tetapi juga kepada para pekerja diatas kapal (awak kapal), peralatan diatas kapal, dan juga terhadap lingkungan kerja (lingkungan maritim). Karena Sistem Manajemen Keselamatan ini diterapkan pada semua kegiatan yang berkaitan dengan pengoperasian kapal.



Leave a Reply