PIP Semarang Dan PT Pelindo Daya Sejahtera Laksanakan Pelatihan Maritime English

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP)  Semarang bekerjasama dengan PT. Pelindo Daya Sejahtera, mengadakan pelatihan Bahasa Inggris Maritim / Maritime English. Dipandu oleh tim pengajar PIP Semarang antara lain para instruktur handal dan berpengalaman di bidangnya, sejumlah 23 peserta pendidikan dan pelatihan yang berprofesi sebagai Ship’s Pilot dan Radio Operator (RO) melakukan pelatihan secara intensif. Mereka adalah karyawan PT Pelindo III Cabang Semarang dan Cabang Tanjung Intan, Cilacap.

Diklat dilaksanakan dalam 2 periode terpisah, yaitu 5-14 Desember 2019 dilanjutkan pada 13-22 Januari 2020. Masing-masing diakhiri dengan uji materi, Marlins Test.

Capt. I Kadek Laju, SH., MM., M.Mar selaku Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik mengungkapkan bahwa kerjasama yang terjalin ini menjadi salah satu bukti bahwa PIP Semarang melayani beragam instansi dan masyarakat umum yang membutuhkan pelayanan pelatihan, termasuk Bahasa Inggris Maritim. Nilai jual selebihnya adalah materi pembelajaran teori dan praktek langsung yang dilakukan, telah disesuaikan dengan standar dunia maritim, termasuk ujian akhir Marlins Test yang diakui dan mendapat sertifikat berlisensi internasional, imbuh pria ramah senyum ini.

Kegiatan teori dilaksanakan di kelas, sementara praktek di ruang bridge & simulator gedung Integrated Navigation System (INS). Materi dasar diklat Maritime English meliputi Pelatihan dasar pemeriksaan dan pelaporan, pilotage dan komunikasi maritim, aksi dalam penanganan kondisi rusak / gagal, serta membuat keputusan yang tepat.