Workshop Peningkatan Profesionalisme Dosen Dalam Menulis Jurnal Ilmiah

Bagi dosen, melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk jurnal ilmiah merupakan salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi. Kinerja dosen yang selanjutnya tentu saja berpengaruh pada kinerja perguruan tinggi sedikit banyak dipegaruhi kualitas karya ilmiah para dosen.

Oleh karenanya, pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 26 dan 27 Februari 2020, Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat PIP Semarang menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Profesionalisme Dosen Dalam Menulis Jurnal Ilmiah sebagai langkah awal untuk mendukung peningkatan kualitas publikasi.

Kegian ini menghadirkan Prof. Wimpy Santosa, Ph.D sebagai narasumber, yang merupakan Ketua Penyunting Pelaksana Jurnal Transportasi Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT). Beberapa materi yang dibawakan oleh Prof. Wimpy diantaranya adalah pengenalan jenis-jenis artikel ilmiah, cara menulis artikel ilmiah, cara menentukan topik penelitian dan kiat menembus jurnal, serta cara memilih dan mengindeks jurnal. Di akhir sesi workshop, para peserta diperkenalkan cara mencari judul jurnal nasional terakreditasi Dikbud melalui Shinta.

Workshop diikuti 129 orang peserta yang merupakan dosen, calon dosen dan instruktur PIP Semarang.

Di akhir kegiatan, peserta diajarkan cara untuk submit artikel jurnal pada web Online Journal System PIP Semarang dipandu tim dari P3M dan Unit Perpustakaan PIP Semarang.



Leave a Reply