Studi Banding Unit Perpustakaan Dan Penerbitan Beserta PPPM PIP Semarang

Unit Perpustakaan dan Penerbitan beserta Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada hari Selasa s/d Kamis, tanggal 11 s/d 13 Februari 2020 melaksanakan kegiatan studi banding ke kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Tujuan studi banding ini untuk memberikan kesempatan kepada kami para pengelola e-journal dan perpustakaan untuk menambah wawasan mengenai manajemen penyelenggaraan jurnal elektronik dan perpustakaan.

Peserta studi banding terdiri dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pustakawan, dan Unit Teknologi Informatika PIP Semarang. Jumlah peserta sebanyak 9 orang, yang diketuai oleh Kapus PPPM, H. Mustholiq, M.M., M.Mar.E.

Kunjungan hari pertama pada hari Rabu 12 Februari 2020, pagi hari kami mengunjungi Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPMITS. Kami disambut oleh Daniel Siahaan, S.Kom., M.Sc., PD.Eng beserta jajarannya di ruang sidang DRPM gedung riset center ITS Lt.5.

Di ITS terdapat 2 (dua) e-journal yaitu POMITS (Publikasi Online ITS) dan PPI (Pusat Publikasi Ilmiah).

  1. POMITS (Publikasi Online ITS) adalah media publikasi online dalam rangka mendorong budaya ilmiah yang baik di kalangan civitas akademika, khususnya publikasi karya ilmiah.
  2. PPI (Pusat Publikasi Ilmiah) adalah situs web yang menampung semua jurnal akademik yang diterbitkan oleh departemen, fakultas, pusat penelitian, atau komunitas akademik di dalam Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Situs web ini dimaksudkan sebagai media untuk berkomunikasi antara para peneliti dan mempublikasikan hasil terbaru dari penelitian lanjutan.

Siang harinya kami lanjutkan kunjungan ke perpustakaan ITS. Kami disambut hangat oleh Edy Suprayitno, S.S., M.Hum selaku kepala perpustakaan ITS beserta jajarannya di ruang bibliotek Lt. 2 perpustakaan ITS.

Perpustakaan ITS merupakan suatu pusat sumber belajar berstandar internasional yang mendukung secara aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi ITS menjadi World Class University. Rencana strategis perpustakaan 2020-2024 adalah:

  1. 2020 menjadikan Library Culture
  2. 2021 menjadikan Library Digital Services
  3. 2022 menjadikan Library Management & Resources
  4. 2023 menjadikan Library International Environment
  5. 2024 menjadikan Library Service for Research & Innovation
  6. Goal menjadi pusat belajar dan rujukan berstandar internasional untuk mendukung ITS-WCU

Pada hari kedua, Kamis 13 Februari 2020, kami mengunjungi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Pada kesempatan tersebut, kami disambut oleh kepala PPPM beserta jajarannya di ruang rapat pasca sarjana lantai 1. Salah satu jurnal elektronik bereputasi internasional yang dikelola PPPM PENS adalah EMITTER (International Journal of Engineering Technology). Penamaan EMITTER secara khusus diambil dari alat teknik komponen kelistrikan berupa rangkaian transistor, sehingga penamaan jurnalnya lebih spesifik ke bidang elektronika. PENS sharing knowledge tentang pengelolaan jurnal elektronika.

Jurnal EMITTER merupakan publikasi nomor 1 politeknik seIndonesia, dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PENS yang berada langsung di bawah Direktur yang diketuai oleh Dr. Ir. Anang Tjahjono, M.T.

Sedangkan dari pengelolaan perpustakaan, PENS memiliki tiga perpustakaan, yaitu perpustakaan pascasarjana, perpustakaan D4 dan perpustakaan D3. Tiap perpustakaan dikelola oleh satu koordinator dan satu admin.

Satu hal yang berbeda dari perpustakaan PENS yaitu mempunyai program kerja penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat, dan yang telah terlaksana berupa kegiatan story telling internet positif di taman baca kecamatan Mulyorejo Surabaya.

 



Leave a Reply