PIP Semarang Gelar Seminar Proposal Penelitian

Untuk kali pertama di tahun 2020, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan Seminar Proposal Penelitian di Ruang Sidang Besar (RSB) PIP Semarang. Pada Selasa, 25 Februari 2020, seminar dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Capt. Anugrah Nur Prasetyo., M.Si.

“Bapak-Ibu Dosen PIP Semarang untuk memperbanyak penelitian-penelitian karena merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang menjadi salah satu nilai ukur kita selaku politeknik adalah dengan penelitian ini. Kami berharap ini adalah momen pertama yang untuk selalu menambah penelitian yang bermanfaat bagi institusi PIP,” kata Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan dalam sambutannya.

Dalam kegiatan ini, hadir sebagai narasumber dari Unnes, Prof. Dr. Tri Joko Rahardjo, M.Pd. Dalam paparannya beliau menyampaikan berbagai pengetahuan terkait penyusunan Proposal Penelitian. “Judul harus menarik yaitu terdiri dari lima sampai dua belas kata. Itu kata kuncinya,” katanya.

Pada acara inti dipaparakan 4 proposal penelitian. Yang pertama disampaikan oleh F. Pambudi Widiatmaka, MT., M.Mar.E, dengan judul “Strategi Pengambilan Keputusan  Pengembangan  Pendidikan Tinggi Vokasi Kemaritiman Studi Kasus Pada Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang”. Kemudian proposal berikutnya “Manfaat Vessel Traffic System (VTS) di Alur Pelayaran Tanjung Emas Semarang” oleh Capt. Karolus Geleuk Sengadji, M.M, kemudian ketiga, proposal berjudul “Exploring English Language Needs Of Indonesian Marine Pilots: A Case Study Of Indonesian Marine Pilots Joining Maritime English Course For Pilot In Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang” oleh Latifa Ika Sari, S.Psi, M.Pd, dan yang keempat proposal berjudul “Analisa Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Pendaftaran Ujian Training Record Book (Smile 05) Studi Pada PUKP 05 Semarang)” oleh M. Iksan Saifudin, S.S.T.Pel.

Setelah pemaparan hadirin diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan, dilanjutkan masukkan dari reviewer dosen senior, yaitu: PIP Semarang Sri Suyanti, SS, M.Si., M.Hum. Capt. H. S. Sumardi SH, MM., M.Mar. Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Capt. Eko Murdiyanto M.Pd, M.Mar, Capt. Hadi Supriyono, MM, M.Mar. dan Vega F. Andromeda, S.ST, S.Pd. Kemudian selanjutnya pemakalah diberi kesempatan menyampaikan tanggapan

Tujuan diadakannya seminar proposal penelitian ini adalah untuk mempresentasikan proposal penelitian yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai  program kerja dari Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PIP Semarang tahun anggaran 2020, serta target kerja BLU PIP Semarang. Selain itu, penelitian merupakan salah satu kegiatan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menjadi tanggung jawab dari dosen dan pengajar.



Leave a Reply