PIP Semarang Laksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tegal

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di kelurahan/desa Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota  Tegal, Jawa Tengah pada Selasa , 18 Februari 2020.

Wakil Direktur I Nasri MT., M.Mar.E dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini  adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para nelayan tradisional tentang bagaimana untuk berlayar dengan selamat. “Mengingat sering terjadinya kecelakaan  yang memakan korban jiwa di laut, khususnya para nelayan tradisional. Maka dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman untuk menghindari kecelakaan di laut,” katanya.

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dikoordinir oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) PIP Semarang dengan mengambil tema “Peningkatan Keselamatan Berlayar Bagi Nelayan”.  Dilaksanakan dalam bentuk Penyuluhan/Ceramah dan dihadiri oleh  52 orang nelayan setempat.

Materi disampaikan dalam 3 sesi, yang pertama oleh Yustina Sapan S.ST., MM. Beliau memaparkan tentang Lampu-Lampu Navigasi/penerangan Kapal. Sesi kedua Capt. Firdaus Sitepu S.ST. M.Mar membahas mengenai Kelaik lautan kapal nelayan, dan yang menjadi pembicara di sesi terakhir Andy Wahyu Hermanto MT. dengan materi “Personal Survival Techniques (PST)”.  Kegiatan berlangsung aktif dan komunikatif antara praktisi dan peserta.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Lurah Kelurahan Muara Reja, Zainal Asikin, S.Sos. ini, PIP Semarang membagikan  souvenir berupa Lifebuoy (pelampung keselamatan) kepada masing-masing nelayan. Diharapkan dengan bantuan ini dapat bermanfaat untuk kebutuhan para nelayan dan mencegah adanya korban jiwa di laut.



Leave a Reply