Praktek Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan Dan Alat Pernapasan Bertekanan Udara

Praktek Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan dan Alat Pernapasan Bertekanan Udara

Pada Senin, 17 Februari 2020 sebanyak 378 Taruna – taruni Semester I Angkatan 56 Program Studi Teknika, Nautika, dan TALK melaksanakan kegiatan praktek penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) dan Alat Pernapasan Bertekanan Udara/Oxygen Breathing Aparatus (OBA). Mereka dipandu oleh sebanyak 20 instruktur.

Praktek pertama adalah penggunaan OBA. Simulasi yang dihadapi peserta adalah seolah terjadi kebakaran di dalam kapal dengan keadaan ruangan tertutup dan banyak asap. Peserta harus bisa menggunakan dan memakai perlengkapan seperti Helm Oksigen, Alat OBA, dan Sepatu Safety.

Sesi kedua adalah praktek penggunaan APAR. Simulasinya adalah ketika berada di kapal, peserta menanggulangi apabila terjadi kebakaran. Mereka mengambil langkah-langkah untuk memadamkan api.

Kegiatan praktek ini memiliki maksud dan tujuan yaitu mengatasi terjadinya kebakaran di kapal bagi taruna-taruni PIP Semarang. Supaya mereka memeliki pengetahuan dan mengenal langsung alat pemadam api dan OBA yang digunakan saat berada di kapal. Kegiatan ini sebagai persiapan praktek laut dan mengoptimalkan pengoperasian alat pemadam kebakaran.



Leave a Reply