Upacara Pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) PIP Semarang Angkatan 2 Periode 28 Januari – 11 Februari Tahun 2019

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) PIP Semarang Angkatan 2 Periode 28 Januari – 11 Februari Tahun 2019 Dimulai.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sebagai lembaga vokasi di bidang pelayaran, melaksanakan kembali Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) angkatan ke-2 kepada masyarakat umum kurang mampu, nelayan, siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkait profesi di bidang pelayaran, taruna akademi maritim dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja terkait bidang transportasi laut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh pengetahuan dan sertifikasi formal di bidang pelayaran.

Secara formal pembukaan DPM periode 28 Januari – 11 Februari Tahun 2019 dinyatakan Direktur Semarang PIP Semarang H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E. dalam upacara pembukaan “Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Angkatan 2 Periode 28 Januari – 11 Februari Tahun 2019” dan “Pemberian Penghargaan Bagi Taruna Berprestasi Dari Unit Perpustakaan Dan Penerbitan” di Plaza Bintang PIP Semarang, Senin, 28 Januari 2019.

“Dalam kaitan ini Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sebagai salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan, secara terus menerus senantiasa mengupayakan diri untuk melaksanakan pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan diklat pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kualitas para pekerja di kapal dan untuk memenuhi persyaratan berlayar sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 43 Tahun 2008 tentang Pendidikan dan Pelatihan, UjianKeahlian, serta Sertifikasi Kepelautan.,” kata Direktur PIP Semarang dalam sambutannya.

Kepala Subbagian Administrasi Akademik Andri Yulianto, M.T. dalam Rencana Pelaksanaan Kegiatan DPM Angkatan 2 Periode 28 Januari – 11 Februari Tahun 2019 menyatakan, untuk DPM angkatan 2 ini diikuti oleh 120 orang untuk DPM Kapal Niaga, 120 orang untuk DPM Kapal Layar Motor dan 48 orang untuk Diklat Dasar-Dasar Kesyahbandaran. Program diklat yang dilaksanakan adalah: Basic Safety Training (BST) Kapal Niaga, Advanced Fire Fighting (AFF) Kapal Niaga, Security Awareness Training (SAT) Kapal Niaga, BST Kapal Layar Motor (KLM), Crowd Management Training (CMT) KLM, Crisis Management & Human Behaviour Training (CMHBT) KLM, Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 mil/60 mil, dan Dasar-Dasar Kesyahbandaran.



Leave a Reply