Kegiatan Masa Pemantapan Pembinaan Fisik dan Mental (Matapbintal)  Taruna Calon Semester VII Periode Februari – Agustus 2020 serta Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kapal Layar Motor (KLM) dan SKK 60 Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc. Pernyataan pembukaan dan penyematan tanda peserta kegiatan dilaksanakan dalam Apel Komando di Plaza Bintang PIP Semarang pada Senin, 10 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Direktur mengingatkan para Calon Taruna Semester VII untuk menjaga kekompakan, menghormati kakak kelas, dan menghargai adik kelas. Selain itu, mereka juga diminta untuk menjaga kebersihan, baik di dormitori, kelas, semua lingkungan PIP Semarang.

“Kami harap Anda mempelajari kembali tentang disiplin setelah melaksanakan praktek kerja selama satu tahun. Untuk itu kita memberikan refresh, penyegaran tentang kedisiplinan, kepemimpinan. Jaga hubungan dengan lingkungan sekitar, dimana anda tinggal, kos. Jaga tingkah laku, tetap menghormati rekan, senior dan hargai adik kelas kalian. Hal-hal yang positif anda terapkan, anda kembangkan, sedangkan yang negatif Anda buang jauh-jauh,” kata Direktur PIP Semarang.

Kepala Pusat Pembangunan Karakter Taruna dan Perwira Siswa (Pusbangkatarsis) Janny Adriani Djari, S.ST., M.M. dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah agar taruna Calon Semester VII memiliki sikap kepemimpinan dan dapat menjadikan dirinya sebagai teladan bagi juniornya, serta memiliki disiplin tinggi dan sikap perilaku sesuai dengan peraturan tata tertib taruna (Pertibtar).

Matapbintal Taruna Calon Semester VII dilaksanakan pada 10-14 Februari 2020 di PIP Semarang dengan peserta: 77 Taruna Nautika dan 68 Taruna Teknika. Materi Kegiatan meliputi: Kepemimpinan Taruna Senior, Peraturan Baris Berbaris, Pendidikan Jasmani Taruna, Struktur Organisasi PIP Semarang, English Marching Command, Team Work, Etika Profesi, serta Seminar dan diskusi dengan berbagai narasumber.

Selain itu Direktur PIP Semarang meminta pada Peserta DPM BST KLM & SKK 60 mil sejumlah 240 orang untuk menjaga kekompakkan, mengikuti arahan instruktur, Pembina, pengajar, menjaga kesehatan, kebersihan. Baik di lingkungan kampus maupun tempat tinggal selama mengikuti pelatihan DPM. “Selama Anda mengikuti diklat DPM, maka PIP Semarang bertanggung jawab. Jaga keselamatan, sikap, tingkah laku Anda, serta ikuti arahan instruktur, pembimbing, pembina yang telah ditunjuk,” katanya.

Leave a Response