Dalam rangka Dies Natalis Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang ke-69 dan pengembangan program studi terapan di bidang pelayaran, PIP Semarang menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema “Merdeka Belajar : Kampus Merdeka”, dengan menghadirkan narasumber Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud Dr. Ir. Agus Indarjo, MPhil.

Pada Jumat, 31 Januari 2020, bertempat di Auditorium Balai mas Pardi Gedung Serba Guna PIP Semarang, acara dibuka oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc, didampingi oleh Wakil Direktur I, Nasri, MT. M.Mar.E, acara dihadiri oleh seluruh Dosen, Pegawai dan Taruna PIP Semarang.

Dalam sambutannya Direktur menyampaikan bahwa dari segi kelembagaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah siap menyambut kebijakan yang baru Saja diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim beberapa waktu lalu.

Dalam paparan narasumber menyampaikan pokok-pokok kebijakan Merdeka Belajar : Kampus Merdeka, antara lain:

  1. Pembukaan Prodi Baru.
  2. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi.
  3. Kebebasan bagi PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan Satuan Kerja (Satker) untuk menjadi PTN Badan Hukum (BH).
  4. Hak mengambil mata kuliah di luar prodi dan perubahan definisi Satuan Kredit Semester (sks)

Dari materi tersebut setidaknya telah memberikan gambaran kepada kita semua terhadap kebijakan yang ditujukan bagi Pendidikan tinggi bertajuk Kampus Medeka.

Sesi tanya jawab berlangsung antusias sebelum ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.

Leave a Response