Opening Meeting Surveillance Audit ISO 9001:2015 di PIP Semarang T.A. 2021

Audit Surveillance adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh badan sertifikasi independen setiap enam bulan atau satu tahun sekali terhadap instansi yang telah bersertifikat ISO (International Organization for Standardization). Tujuan audit tersebut yaitu untuk menentukan apakah organisasi tersebut masih berhak menyandang sertifikat ISO atau tidak. Sejalan dengan hal tersebut Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan Opening Meeting Surveillance Audit ISO 9001:2015 secara virtual melalui Zoom Meeting bersama dengan tim auditor dari PT. Sucofindo (Persero).

Melansir dari laman resmi https://www.sucofindo.co.id, PT. Sucofindo (Persero) adalah lembaga sertifikasi mutu ISO yang telah terakreditasi selama 20 tahun lebih. Acara opening meeting surveillance audit dibuka secara resmi oleh Direktur PIP Semarang Dr. Capt. Mashudi Rofik, M.Sc beserta jajaran manajemen dan tim dari Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) PIP Semarang, bertempat di Ruang Rapat Direktur, Gedung Serba Guna PIP Semarang, pada Kamis, (4/6/2021).

Tampak hadir pula para undangan lainnya yang turut menghadiri secara virtual dari tempat masing-masing. Kegiatan audit dilaksanakan 2 hari dari tanggal 4 s.d 5 Juni  2021, dipimpin oleh Hafidz Nur Fachrur Rozi sebagai auditor team leader dan didampingi Andi Dewi Sartika Syamsul sebagai Auditor.

Adapun audit plan yang akan diperiksa adalah program pendidikan vokasi di bidang pelayanan meliputi layanan diklat pembentukan, layanan diklat peningkatan, layanan diklat pelatihan, layanan pemeriksaan kesehatan, layanan penunjang pendidikan, dan layanan sewa fasilitas.

ISO 9001:2015 merupakan persyaratan standardisasi internasional terkait Sistem Manajemen Mutu (SMM). Standar ini menuntut organisasi mengidentifikasi sasaran organisasi dan menentukan proses serta sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. SMM mengelola interaksi proses dan sumber daya untuk memberikan nilai dan merealisasikan output yang sesuai untuk pihak berkepentingan yang relevan.