Sekretaris BPSDMP Pimpin Rakor Pembentukan LAM Bidang Transportasi di PIP Semarang

Menindaklanjuti hasil rapat di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) terkait pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Bidang Transportasi serta rapat bersama Badan Kerja Sama (BKS) Lembaga Diklat Maritim (LEMDIKMAR) Wilayah Kerja Pelaksana Ujian Keahlian Pelaut (PUKP) 5 Semarang, Politeknik ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi tempat untuk dilaksanakannya rapat pembahasan lanjutan sebagaimana regulasi terkait untuk melaksanakan pembentukan asosiasi. Kegiatan yang bertema “Inisiasi Pembentukan Asosiasi Prodi Pelayaran Untuk Persiapan Pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Perhubungan” dilaksanakan di Ruang Sidang Besar Gedung Serba Guna lantai 3, pada Senin (8 Juli 2024) yang diikuti oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Maritim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Sekolah Maritim Swasta seluruh Indonesia.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, Capt. Wisnu Handoko, M.Sc. yang didampingi Direrktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.Tr., M.Mar., Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Prodi bidan Pelayaran (APPI), Capt. Sunarno, dan Bendahara APPI sekaligus perwakilan Politeknik Maritim (Polimarim) Makassar, Amrin, S.E., M.M.. Dalam sambutannya, Wisnu menyampaikan bahwa Surat Edaran yang pernah dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan terkait dengan Strategi Implementasi Rencana Strategis (Renstra) Kemenhub 2025-2029, yang salah satu isinya adalah pembentukan LAM Transportasi. “Untuk itu kegiatan rapat ini merupakan rapat penting untuk segera merealisasikan pembahasan LAM Bidang Transportasi tersebut,” tambah Wisnu.

Teradapat empat poin yang dibahas dalam agenda rapat kali ini, yaitu; persiapan pembentukan Asisiasi Prodi dalam rangka pembentukan LAM Transportasi oleh BPSDM Perhubungan, Evaluasi kinerja kepengurusan Asosiasi Prodi bidang Pelayaran (APPI) sesuai AD/ART, Pembahasan rencana pembaharuan pengurus APPI, serta Persiapan FGD Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Bidang Pelayaran se Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing lulusan di pasar Internasional. Lembaga ini dibentuk agar ada yang mengakreditasi seluruh program studi pada ilmu kelautan untuk seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.