PIP Semarang Selenggarakan FGD dengan Tema “Penyusunan Kurikulum Pelatihan Healthy Lifestyle dan IoT”

Dalam rangka membentuk tenaga kerja maritim yang profesional dan memiliki kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengelola kesehatan mental dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital dalam dunia kemaritiman, perlu diselenggarakan suatu pendidikan dan pelatihan bagi SDM maritim tentang pola hidup sehat dan penerapan teknologi internet dalam dunia kemaritiman. Guna mewujudkan hal tersebut Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertemakan Penyusunan Kurikulum Diklat Non STCW Internet of Things (IoT) dan Healthy Lifestyle, yang diselenggarakan secara hybrid pada hari Kamis (4 Juli 2024) di GSG Balai Mas Pardi PIP Semarang dan dihadiri oleh lebih dari 80 peserta.

FGD dibuka secara resmi melalui zoom meeting oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Dr. Ir. Ahmad M.Mtr., QIA., CFr.A., dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membangun sumber daya manusia kemaritiman yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi serta memiliki ketahanan mental dalam menghadapi lingkungan kerja di atas kapal yang dinamis dan penuh tantangan. Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno selaku tuan rumah penyelenggaraan FGD turut memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi para peserta baik yang hadir secara langsung maupun melalui zoom meeting yang berasal dari asosiasi pelayaran, perkapalan, kepelabuhanan, logistik, dan ketenagakerjaan, serta dinas kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia, juga perwakilan mahasiswa dari kampus-kampus pelayaran di wilayah Semarang.

​Sesi pertama FGD berfokus pada pembahasan mengenai healthy lifestyle menampilkan narasumber dari unit Kesehatan PIP Semarang, Dr. dr. Iksiroh El Husna, M.Kes. menyampaikan pemaparan dengan tema Siap Kerja di Dunia Maritim Melalui Pendidikan Karakter. Dilanjutkan oleh narasumber berikutnya Dr. Alifiati Fitrikasari, dr, SpKJ , Subsp KL (K), Dosen FK Undip Bagian Psikiatri dengan presentasi berjudul The Mental Health of Seafarers. Pada sesi kedua FGD menampilkan narasumber Capt. Indra Priyatna, seorang praktisi transformasi digital matirim, menjelaskan konsep Internet of Things dan Big Data dalam Transformasi Digital Sektor Transportasi – Subsektor Transportasi Laut. Kemudian narasumber dari Unit Informasi Teknologi PIP Semarang, Mohammad Sapta Heriyawan, S.Kom., M.Si. melengkapi pembahasan dengan pemaparan berjudul Digitalisasi Layanan di PIP Semarang.

​Untuk menjaring ide dan gagasan dalam penyusunan kurikulum tersebut, di sela-sela pemaparan dibuka sesi diskusi dan tanya jawab yang melibatkan para peserta baik yang hadir secara langsung maupun melalui media zoom meeting. Saran dan gagasan dari para peserta FGD menjadi masukan berharga dalam rangka perumusan dan penyusunan kurikulum pendidikan dan pelatihan Internet of Things dan Healthy Lifestyle yang kelak akan menjadi pedoman bagi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah kemaritiman di lingkungan BPSDM Perhubungan.