Membangun Keselamatan Nelayan Tegal: Dedikasi PIP Semarang dalam Meningkatkan Kesadaran Maritim

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban dasar yang harus dipenuhi oleh sebuah lembaga pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi. Adapun peraturan mengenai pelaksanaan dari program tersebut tercantum dalam Undang-Undang, tepatnya UU nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang tertulis “Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”. Untuk itu Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) melaksanakan salah satu kegiatannya, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema “Sosialisasi Implementasi Peran Aktif Masyarakat Terhadap Kepedulian Lingkungan Laut, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja Pada Masyarakat Pesisir”. Kegiatan dilaksanakan di Balai Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal pada Rabu (03/07) yang diikuti oleh 100 orang dari masyarakat pesisir dan nelayan kota Tegal.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur III, Capt. Anugerah Nur Prasetyo, M.Si., yang mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya Pudir  menyampaikan, terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat melaksanakan kembali kegiatan di sini dan kami hadir disini untuk berbagi ilmu dengan pengalaman yang kami miliki. “Banyak hal yang nantinya dalam kegiatan hari ini akan disampaikan oleh para pengajar PIP Semarang, semoga apa yang dapat kami sampaikan pada hari ini dapat memberikan ilmu dan wawasan lebih kepada seluruh peserta yang hadir.” tutup Anugerah. Turut serta hadir dalam pembukaan Camat Kecamatan Tegal Barat Edy Sudirman SH., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal Sirat Mardanus, S.Pi., M.Si., serta Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Tegal.

Paparan materi pertama diisi oleh Heri Sularno, M.H., M.Mar.E. dengan materi Permesinan Kapal, paparan kedua kolaborasi antara Anang Budi, M.Eng. dan Sabrina Putri C. dengan materi Kelistrikan Kapal, lanjut paparan ketiga oleh Kurniawan Sulistyanto, A.MK dengan materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan paparan keempat atau terakhir diisi oleh Imam Safi’i, S.Si.T., M.Si. dengan materi Pemadam Kebakaran dan Anicitus Agung Nugroho, S.Si.T., M.Si. dengan materi Alat Keselamatan. Dalam setiap materi dibuka sesi tanya jawab bagi peserta yang belum paham atas penjelasan yang disampaikan, diakhir kegiatan para peserta diwajibkan mengisi kuisioner guna mendapatkan informasi dari responden terkait rangkaian sosialisasi. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian senter bagi seluruh peserta.