Meningkatkan Kompetensi SDM Kepelabuhanan, PIP Semarang Gelar Pelatihan Kepelabuhanan

Dalam upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang maritim, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menyelenggarakan program Diklat Kepelabuhanan. Diklat ini ditujukan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam Operasional dan Pengelolaan Pelabuhan yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 10–14 Juni 2024, diikuti oleh 103 mahasiswa-mahasiswi Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) semester 8, bertempat di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna PIP Semarang.

Para peserta mendapatkan materi pelatihan yang komprehensif, mulai dari dasar-dasar ilmu kepelabuhanan, hingga regulasi dan standar internasional yang terkait dengan operasi pelabuhan yang disampaikan oleh tim pengajar yang kompeten di bidangnya. Menurut Direktur PIP Semarang Capt. Sukirno, M.M.Tr, M.Mar., diklat ini merupakan salah satu komitmen PIP Semarang dalam mendukung pengembangan maritim nasional. “Kami ingin berkontribusi dalam menciptakan SDM maritim yang kompeten dan profesional, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di sektor maritim,” ujarnya. Diklat Kepelabuhanan di PIP Semarang ini merupakan salah satu bukti nyata upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM maritim di Indonesia. Dengan SDM yang kompeten dan profesional, diharapkan sektor maritim Indonesia dapat berkembang semakin pesat dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.

Sebagai penutup, dilakukan kunjungan PT Terminal Teluk Lamong yaitu Green Smart Port terbaik, dibuktikan dengan komitmen yang tinggi dalam peningkatan kinerja operasional dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dalam mendukung keberlanjutan bisnis yang pertama di Indonesia. Pada kegiatan kunjugan ini peserta didampingi oleh tim pendamping dan disambut oleh Ghufron Khafid, S.ST, M.M., selaku Business Process and Operation Support Manager di PT Terminal Teluk Lamong. Dalam kunjungan tersebut, peserta diajak berkeliling dermaga dan fasilitas terminal yang ada di Teluk Lamong untuk memberikan gambaran langsung tentang operasional dan fasilitas juga diajak untuk melihat control room automatic stacking crane, selanjutnya peserta diberikan materi dan sharing section mengenai proses bisnis serta konsep Green & Smart Port. Pada akhir pelatihan kepelabuhanan ini peserta diwajibkan membuat laporan observasi di Teluk Lamong yang akan dipaparkan kepada para asesor kompetensi sebagai tolak ukur pelatihan kepelabuhanan ini.