PIP Semarang: Pendampingan Audit Pengawasan Kesadaran SNI ISO 9001:2015 oleh Sucofindo

ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) serta pencapaiannya yang bisa diterapkan dalam setiap jenis organisasi/perusahaan. Dalam rangka persiapan pelaksanaan Surveillance Audit SNI ISO 9001: 2015 yang akan dilaksanakan pada 4 dan 5 Juli 2024, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melaksanakan Awareness Surveillance Audit SNI ISO 9001: 2015 oleh PT Sucofindo yang dilaksanakan pada Jumat (21/6) di Ruang Sidang Besar Lantai 3 Gedung Balai Mas Pardi. Kegiatan diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari Manajemen, Kepala Pusat/Unit/Bagian, dan Ketua Program Studi.

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktu I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E. mewakili Direktur PIP Semarang yang didampingi Kepala SPMI, Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Sucofindo yang nantinya akan mendampingi dalam kegiatan audit. “Saya harap seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat memahami dasar-dasar hukum dan klausal yang tercantum di ISO 9001:2015.” sambung Agus. Dalam kesempatan yang sama Kepala Unit Pelayanan Sucofindo Kudus, Purwanto Andi Meyanto menyampaikan jika ada hal yang kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh narasumber, diharapkan untuk dapat menanyakan supaya temuan besok lebih minor.

Fakhriyanto, S.St.Pi., M.M. perwakilan dari PT Sucofindo dihadirkan sebagai narasumber pada kegiatan ini, dalam penyampaiannya beliau menjelaskan 10 klausul ISO 9001:2015 antara lain: Rujukan Normatif, Istilah dan Definisi, Konteks Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Pendukung, Operasional, Evaluasi Kinerja, dan Perbaikan. Sebelum acara berakhir, dibuka sesi tanya jawab, dan acara ditutup dengan sesi foto bersama.