Mahasiswa PIP Semarang Genjot Pengetahuan Kepabeanan dan Cukai Melalui Kuliah MBKM

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus bergulir, menghadirkan kolaborasi inovatif antara perguruan tinggi dan dunia industri. Salah satu contohnya adalah kerjasama antara Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan dalam penyelenggaraan program Kuliah MBKM. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa program studi Nautika, dilaksanakan di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi pada Jumat (21/06/2024).

Acara dibuka oleh Iwan Kurniawan M.Pd., M.Mar.E., Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang mewakili Direktur PIP Semarang, didampingi oleh Lektor merangkap Ketua Prodi Nautika, Yustina Sapan, S.Si.T., M.M. Dalam sambutannya, Iwan mengiyakan kolaborasi ini bertujuan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang logistik. Melalui program MBKM, mahasiswa PIP Semarang mendapatkan kesempatan untuk belajar terkait pengenalan prosedur kepabeanan yang diberlakukan untuk jenis barang tertentu khususnya pengangkutan melalui laut.

Program MBKM dengan DJBC di PIP Semarang sebagai langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja.