”Soft Skill” Bekal Mahasiswa PIP Semarang Miliki Dalam Kesiapan di Dunia Kerja

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengadakan kegiatan pengembangan soft skill bagi mahasiswa semester IV yang akan melaksanakan praktik laut (prala) dan praktik darat (prada). Acara ini menghadirkan narasumber Nurina, S.Psi, M.Psi, Psikolog, CHA, CGA, yang merupakan pemilik Lembaga Psikologi Cahaya Hati dan anggota Himpunan Psikolog Indonesia, yang berlangsung pada Kamis (20/06/2024), bertempat di Auditorium Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Unit Psikologi PIP Semarang, Eka Susanti, S.Psi., yang menyampaikan pentingnya pengembangan soft skill bagi para mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. “Ini merupakan bentuk tanggung jawab kampus untuk membekali peserta didik bukan hanya aspek hard skill (kemampuan teknis) saja tetapi juga kemampuan soft skill,” ujar Eka.

Nurina menyampaikan materi mengenai berbagai aspek soft skill yang esensial, seperti keterampilan berkomunikasi, kerja sama tim, kepemimpinan, manajemen diri, dan pengelolaan waktu. “Setiap orang mungkin bisa saja menjalankan kapalnya, tetapi hanya seorang pemimpinlah yang bisa menentukan arahnya,” kata Nurina, memberikan pandangan bahwa kemampuan teknis harus diimbangi dengan kemampuan memimpin dan mengambil keputusan yang tepat.

Mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Mereka menyadari bahwa soft skill ini akan sangat berguna saat mereka melaksanakan praktik di laut maupun di darat.