PIP Semarang Gelar Salat Iduladha dan Sembelih Hewan Kurban: Wujudkan Ukhuwah Dengan Peduli Sesama

Sesuai dengan hasil sidang isbat penetapan Iduladha 2024 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa tanggal 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali menyelenggarakan salat Iduladha yang dilaksanakan di Plaza Bintang. Gema takbir, tahmid, dan tahlil, berkumandang mengiringi kedatangan ratusan masyarakat sekitar kampus untuk menunaikan ibadah salat Iduladha bersama segenap civitas academica serta mahasiswa-mahasiswi PIP Semarang yang dimulai tepat pada pukul 06.15 WIB.

Bertindak selaku imam sekaligus khatib pada salat Iduladha kali ini Ustaz Kamal Machrus, Lc., menyampaikan khotbah dengan tema “Pelajaran dari Surat As-Shaaffaat ayat 100-110”. Dalam ceramahnya khatib memberikan intisari hikmah dari kisah Nabi Ibrahim AS. yang mendapatkan perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk menyembelih putra kesayangannya yaitu Ismail. Setidaknya terdapat enam pelajaran yang bisa dipetik dari kisah tersebut antara lain, kita harus selalu tunduk dan berserah diri kepada Allah SWT, serta  patuh atas segala perintah-Nya, senantiasa menerima setiap ujian dari Allah SWT dengan penuh kesabaran, menanamkan rasa cinta yang mendalam hanya kepada Allah SWT semata dan bukan kepada makhluk atau kebendaan duniawi, serta selalu berbakti kepada perintah orang tua sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Ismail AS. “Senantiasa berlaku takwa kepada Allah SWT dan patuhlah kepada kedua orang tua kita, maka sebagai balasan atas kebaikan dan kepatuhan tersebut niscaya kita akan memperoleh ridho Allah SWT serta keselamatan baik di dunia maupun di akhirat” pungkas sang khatib pada akhir khotbahnya.

Setelah selesainya pelaksanaan salat Iduladha, kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan kurban berupa sapi, kambing, dan domba, yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola PIP Semarang. Pada Iduladha tahun ini Panitia Kurban PIP Semarang menerima hewan kurban sebanyak 37 ekor yang terdiri dari 5 ekor sapi, 14 ekor kambing, dan 18 ekor domba. Penyaluran daging hewan kurban disampaikan kepada para pihak yang berhak menerima yaitu Yayasan Panti Asuhan, Pondok Pesantren, dan masyarakat kurang mampu di sekitar kampus PIP Semarang.