PIP Semarang Jalin Kerja Sama Perekrutan Cadet Dengan PT GLS

Pagi ini Jumat (14/6) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sambut PT Goldi Lancar Samudra (GLS) di ruang VIP Direktur Gedung Serba Guna (GSG) Balai Mas Pardi, kedatangan PT GLS adalah untuk melakukan penandatanganan kerja sama/Memorandum of Understanding (MoU) dalam perekrutan cadet PIP Semarang. PT GLS adalah salah satu crewing agency di Indonesia untuk perekrutan cadet yang onboard di kapal-kapal Korea, dan menurut data Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, PT GLS telah memiliki Surat Izin Usaha Perekrutan dan Penempatan Awak Kapal (SIUPPAK).

Rombongan disambut oleh Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno, M.Tr., M.Mar. yang didampingi Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., Pembantu Direktur III, Capt. Anugerah Nur Prasetyo, M.Si., Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Fidelia Tri Siswanti, ST. S.T., M.M.Tr., Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Ery Prasetiati, S.Psi., dan Koordinator Bidang Ketarunaan dan Alumni, Dr. Capt. Akhmad Ndori, M.M., M.Mar. Sebaliknya dari PT GLS dihadiri oleh Mr. JH. Yang sebagai Kepala Penanggung Jawab Kantor Pusat Busan/Head Goldilock Shipping co.ltd, Furqon Effendi sebagai Operation Manager, serta Priyono sebagai Komisaris/Penanggung Jawab PT GLS.

Sesaat setelah diadakan penandatanganan kerja sama, rombongan dipandu untuk melihat secara langsung kondisi dan situasi serta fasilitas laboratorium dan simulator yang ada di kampus PIP Semarang sebagai penunjang pembelajaran mahasiswa. Adapun laboratorium dan simulator yang dikunjungi antara lain Tub Boat Simulation yang ada di Gedung Agum Gumelar, Engine Hall dan Dynamic Positioning (DP) yang berada di Gedung Integrated Navigation System (INS).

Proses perekrutan cadet akan diinfokan dan dikoordinasikan lebih lanjut melalui Koordinator Bidang Ketarunaan dan Alumni yang telah mengirimkan beberapa CV dari para calon cadet untuk di seleksi, dan bagi mereka yang lolos dari tahapan seleksi awal, akan diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan seleksi tahap berikutnya yaitu seleksi wawancara. Adapun permintaan dari PT GLS yang paling utama adalah kemampuan berbahasa inggris yang bagus, dikarenakan sebagian besar kru kapal Korea adalah multinational crew.