PIP Semarang Tingkatkan Pembelajaran Mahasiswa dengan Optimasi AI

Di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, penggunaan AI (Artficial Intelligence) makin meningkat. Aplikasi AI yang dikenal dengan kecerdasan buatan yang kini banyak digunakan masyarakat di Indonesia, baik digunakan untuk keperluan belajar, kerja, hingga banyak juga dimanfaatkan orang Indonesia untuk berbisnis. Melihat hal tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran mahasiswa. Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan teknologi AI kepada mahasiswa ini dilaksanakan di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna PIP Semarang, pada Jumat, 7 Juni 2024 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester dua Program Studi (Prodi) Nautika berjumlah 139 orang.

Acara dibuka oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., yang mewakili Direktur PIP Semarang  didampingi oleh Lektor merangkap Ketua Prodi Nautika, Yustina Sapan, S.Si.T., M.M. Dalam sambutannya, Agus Tjahjono menyampaikan selain dalam rangka memenuhi mata kuliah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan industri maritim yang semakin kompleks dan canggih.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Masruhan Mufid, S.Pd., M.Kom., Gr, ACTP. Beliau adalah seorang ahli di bidang kecerdasan buatan, sebelumnya Mufid adalah seorang youtuber milenial yang terkenal dalam dunia pendidikan. Mufid memberikan kuliah umum yang berfokus pada pengenalan teknologi AI dan penerapannya dalam aktivitas pembelajaran mahasiswa. Bukan hanya teori yang diberikan, mahasiswa diajak untuk mempraktikkan bagaimana cara menggunakan Aplikasi AI. Diharapkan mereka semakin termotivasi untuk belajar dan mengembangkan diri, serta siap menghadapi industri yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi AI.