Bon Voyage Diklat Pelaut PIP Semarang: Digitalisasi dan Otomasi Industri Pelayaran

Kamis, 6 Juni 2024 menjadi momen bersejarah bagi 218 Perwira Siswa (Pasis) Lulusan Diklat Peningkatan Tingkat I, II, III, IV, dan V di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Peserta yang mengikuti acara Bon Voyage dan Pelepasan dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan serta telah lulus Ujian Keahlian Pelaut yang dilaksanakan di PUKP 05 Semarang, dan berhak memperoleh Certificate of Competency (COC) sesuai dengan tingkatannya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Drs. Herwanto, M.M., sebagai inspektur upacara menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta dan keluarga atas keberhasilan yang dicapai. Dalam sambutannya Herwanto mengajak para peserta untuk meningkatkan kualitas secara menyeluruh dan berkesinambungan di bidang transportasi laut khususnya menekankan dua hal yang tak terpisahkan, yakni masa depan dan keselamatan. Hal ini sejalan dengan tema kegiatan yaitu, “Navigating The Future: Safety First“. “Dalam menghadapi tantangan masa depan, kita tidak boleh melupakan bahwa keselamatan harus menjadi prioritas utama. Selain itu tema ini mencerminkan upaya segenap stakeholder bidang transportasi laut untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan maritim, bersamaan dengan perlindungan lingkungan laut, sekaligus memastikan proses pengembangan peraturannya secara aman mengantisipasi laju perubahan dan inovasi teknologi yang cepat,” ucap Herwanto.

Selain Direktur PIP Semarang, acara juga dihadiri para pejabat struktural dan fungsional, para stakeholder, serta dosen dan seluruh civitas akademika PIP Semarang. Masih konsisten dengan layanan yang menjadi unggulan PIP Semarang, seluruh peserta langsung dapat mengambil Certificate of Competency (COC) sesuai dengan tingkatannya di hari yang sama. Hal ini tentu saja yang sangat diharapkan oleh para peserta karena mereka tidak perlu membuang hari untuk segera bergabung kembali ke perusahaan masing-masing untuk melaksanakan kontrak kerja.