Temukan Minat Karir dan Potensi Taruna PIP Semarang Ikuti Talent Mapping Assessment

Dalam rangka kegiatan Roadshow Talent Mapping Assessment Goes to Campus Semarang yang diselenggarakan oleh mutu-perguruantinggi.id, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menghadirkan 30 taruna-taruni Program Studi (Prodi) Nautika, Teknika, dan Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini bersifat gratis dan terbuka untuk seluruh taruna PIP Semarang, akan tetapi terbatas hanya untuk 30 peserta yang telah melakukan psikotes terlebih dahulu. Tema kegiatan kali ini adalah “Seminar Talent Mapping Assessment”, dilaksanakan pada Senin (3/6) di Ruang Sidang Besar (RSB) Gedung Utama.

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E. mewakili Direktur PIP Semarang. Dalam sambutannya Agus berharap dengan adanya kegiatan ini, Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dapat memetakan potensi yang ada pada taruna taruni. “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran pada para taruna taruni terkait dengan bakat atau talenta, minat, kondisi diri, serta potensi yang ada di dalam dirinya untuk bisa dikembangkan kedepannya.” pungkas Agus.

Sesi pertama diisi Bela L. Dwireja sebagai co-founder PT Padma Global Nusatama dan Director of Business and Sustainability dengan materi paparan Mengapa Mengenal Diri Sendiri Itu Penting? Adapun manfaat dari mengenal diri antara lain, agar dapat mengetahui apa yang sebenarnya kita butuhkan, mengetahui apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari kita, menunjang cita-cita, mengetahui alasan apa yang membuat kita gagal ataupun suskses dalam suatu hal, dan merencanakan masa depan yang lebih baik. Dilanjutkan sesi kedua yang diisi oleh Renesa Balqis sebagai founder Romansa.id dengan materi  pengenalan psikotes minat dan bakat, serta penggunaan hasil psikotest untuk perencanaan karir. Serta Interpretasi produk yang meliputi Psikotes Minat, Bakat, dan Karir.

Salah satu peserta seminar atas nama Diah Rahma Wardani prodi Nautika menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, kami menjadi bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri kita mengenai apa yang harus kami kembangkan yang sudah ada pada diri kita. Acara ditutup oleh Kepala SPM Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T. sesaat setelah sesi diskusi kelompok dan tanya jawab bagi peserta.