Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, PIP Semarang Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran bagi Masyarakat Nelayan di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali tunjukan komitmen sebagai sebuah perguruan tinggi. Kali ini melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM), PIP Semarang laksanakan Pengabdian Masyarakat bertajuk “Sosialisasi Keselamatan Pelayaran bagi Masyarakat Nelayan dan Anak Buah Kapal di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah,” pada Kamis (30/5). Bertempat di Gedung Serba Guna Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Misoyo Sari, sosialisasi yang dilaksanakan oleh para dosen dari PIP Semarang ini diikuti secara antusias oleh 71 masyarakat nelayan yang juga anggota dari KUD Mina Misoyo Sari di Kelurahan Sugihwaras, Kabupaten Pemalang.

Kegiatan pengabdian masyarakat dibuka secara langsung oleh dosen PIP Semarang, Capt. H. Suherman, M.Si., M.Mar., mewakili Direktur. “Terimakasih kepada masyarakat nelayan di Desa Sugihwaras atas antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi oleh PIP Semarang yang merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini,” ucap Capt. Suherman dalam sambutannya. Hadir pula Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, Drajat, S.Hut., M.M., yang menyambut hangat kehadiran PIP Semarang dan mengharapkan manfaat dari ilmu yang dibagikan kepada masyarakat. “Kami yakin ada banyak ilmu yang dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat nelayan yang ikut serta dalam sosialisasi PIP Semarang,” ujar Drajat.

Dalam pengabdian masyarakat ini beberapa dosen menjadi pelaksana antara lain Dr. Muh. Harliman Saleh, M.Pd., Hartoyo, S.ST., M.M., Dr. Andy Wahyu Hermanto, S.T., M.T., serta dihadiri juga Dr. Darul Prayogo, M.Pd., selaku Kepala PPPM. Beberapa metode penyampaian dilakukan dalam sosialisasi berupa pemaparan dan pengenalan materi “Alat-alat Keselamatan Kapal” dan “Pencemaran Lingkungan Laut”, demonstrasi, praktik langsung, dan evaluasi, yang mana pada pelaksanaannya melibatkan secara aktif para peserta sosialisasi.