Siraman Rohani Taruna PIP Semarang: Ajak terapkan 9 Ciri Cerdas Spiritual

Dalam rangka transformasi pendidikan vokasi yang humanis, dan berkarakter untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang menyatukan antara kompetensi, emosional, keseimbangan akhlak, dan spiritual, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melaksanakan Siraman Rohani, yang dilaksanakan secara hybrid, bertempat di Masjid Al-Bahri, dan melalui media zoom, serta tayangan langsung di kanal YouTube PIP Semarang, pada Selasa (21/5).

Kegiatan diikuti oleh taruna-taruni dan pengasuh pada seluruh sekolah di bawah naungan BPSDMP, dengan menghadirkan Ustaz Fahruddin Faiz seorang dosen di Universitas Islam Negeri (UIN). Kegiatan dibuka langsung oleh Plt. Kepala BPSDMP, Capt. Subagiyo, M.T., didampingi oleh Sekretaris BPSDMP, Capt. Wisnu Handoko, M.Sc., beserta Direktur PIP Semarang, Capt. Sukirno,  M.MTr., beserta jajarannya. Ustaz Fahrudin menyampaikan betapa pentingnya orang yang memiliki kecerdasan spiritual. Ciri cerdas spiritual antara lain mengenali diri sendiri, tulus, dan rendah hati, sadar batas diri dan pengetahuan, bijaksana, syukur, sabar, bijaksana, melihat tujuan akhir bukan dumia, serta semangat memberi. “Seluruh taruna-taruni minimal harus mencoba menerapkan 9 hal tersebut mulai dari sekarang dengan jalan tirakat,” tegasnya. Seiring dengan hal tersebut Ustaz juga menyimpulkan arti tirakat yang merupakan sebuah laku spiritual yang biasa ditempuh seseorang guna mencapai sesuatu yang diinginkan.

Ustaz juga mengingatkan bahwa di tengah gempuran modernisasi dan sekularisme, taruna-taruni perlu memperkuat iman dan takwa agar tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, serta siap untuk membangun sektor transportasi dengan lebih baik.