Beri Arahan Seluruh UPT, BPSDMP Gelar Apel Besar

Dalam rangka menyampaikan duka mendalam, Badan Pengembangaan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) laksanakan apel besar yang diikuti pegawai dan taruna-taruni Unit Pelaksana Teknis (UPT) seluruh matra, baik matra darat, laut, udara, dan kereta api. Kegiatan dilaksanakan secara hibrid yang berpusat di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, dan melalui media zoom meeting untuk UPT lainnya. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengikuti kegiatan bertempat di Gedung Menza, pada Senin (13/5).

Subagiyo, selaku Plt. Kepala BPSDM Perhubungan, memberikan arahan penting kepada seluruh kepala UPT, taruna-taruni, dan seluruh pegawai PIP Semarang. Dalam amanatnya Subagiyo menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang aman, dan kondusif bagi para taruna. “Kekerasan tidak memiliki tempat dimanapun, kita harus bekerja sama untuk memastikan bahwa semua taruna merasa dihargai, dihormati, dan aman,” ucapnya.

Subagiyo juga meminta kepada seluruh kepala UPT untuk melakukan berbagai upaya pencegahan kekerasan, antara lain penguatan sistem pengasuhan, dan pembinaan taruna. Hal ini juga diperkuat oleh Direktur PIP Semarang Capt. Sukirno, M. MTr., M.Mar., melalui peningkatan kualitas pelatihan dan pembinaan bagi para pengasuh dan pembimbing taruna, serta pengembangan program-program yang menumbuhkan karakter serta nilai-nilai positif pada taruna. Peningkatan pengawasan, monitoring dengan menggunakan teknologi informasi, dan komunikasi, serta meningkatkan jumlah petugas keamanan. BPSDMP akan terus mengkampanyekan budaya anti-kekerasan melalui berbagai kegiatan edukasi yang melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk taruna, pengasuh, pembimbing, dan orang tua.