Tingkatkan Strategi Pemasaran PIP Semarang Tuntut Pegawai Membangun Customer Experience

Pengalaman atau kesan dari pelanggan yang merasa puas saat memperoleh layanan merupakan tolak ukur apakah strategi pemasaran yang diterapkan sudah tepat atau belum, dan dapat menjadi timbal balik untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini harus diketahui oleh semua petugas layanan sebagai garda terdepan. Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Semarang, menyelenggarakan Pelatihan Customer Experience bagi pegawai, bertempat di Auditorium Balai Mas Pardi Gedung Serba Guna Kampus PIP Semarang, pada Selasa (3/10).

Pada kesempatan kali ini dihadirkan narasumber seorang konsultan yang khusus menggeluti bidang Customer Experience dari Lembaga Incentric, yaitu Arisdiansah. Pria kelahiran Malang ini memberikan materi yang dapat diterapkan di lingkungan kerja PIP Semarang, dengan tujuan mempertahankan pelanggan, atau membuat pelanggan kembali melakukan pilihan pada layanan yang ada di tempat kita bekerja. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu mampu menciptakan citra perusahaan yang positif di mata konsumen, dan juga mengerti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, apalagi pada era digital saat ini yang semua informasi yang belum tentu telah terkonfirmasi dapat tersebar begitu pesat.

Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Capt. Semuel Palembangan, M.T., M.Mar., menegaskan dalam sambutan pembuka terkait kemudahan informasi yang diperoleh pelanggan menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan minat dan loyalitas masyarakat khususnya para pelaut dalam mengambil pendidikan dan pelatihan di PIP Semarang. “Layanan online pada proses pembuatan revalidasi sertifikat adalah salah satu contoh dalam memberikan kemudahan dan kecepatan layanan kepada pelanggan yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan jumlah peserta diklat,” ujarnya menutup sambutan.