371 Calon Taruna Jalur Mandiri PIP Semarang Akhiri Madatukar

Setelah menjalani kegiatan pembentukan karakter selama 10 hari, 371 Calon Taruna (Catar) Jalur Mandiri Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang secara resmi mengakhiri Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) mereka. Upacara penutupan yang penuh makna tersebut berlangsung dengan khidmat pada Rabu (20/9) di lapangan upacara Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) IV Diponegoro, Klaten.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Letnan Kolonel Inf Teguh Eko Efendi, S.E., Komandan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro. Turut hadir dalam upacara, Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar., Pembantu Direktur III Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si., M.Mar., serta jajaran pegawai PIP Semarang. Penutupan Madatukar ditandai secara simbolis melalui pelepasan tanda siswa pelatihan serta penyerahan sertifikat pelatihan oleh inspektur upacara kepada perwakilan peserta. Inspektur upacara, dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta Madatukar untuk terus mengembangkan diri dan siap berkontribusi bagi bangsa dan negara. “Madatukar telah memberikan bekal penting dalam membentuk karakter dan kualitas diri kalian. Teruslah belajar dan berkembang agar menjadi insan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan khususnya dunia kemaritiman.” ujar Teguh

Diujung rangkaian kegiatan, perwakilan Catar menampilkan keahlian memukau yang mereka dapatkan selama mengikuti Madatukar, salah satunya adalah bongkar pasang senjata api dengan mata tertutup. Belum habis disitu, kegiatan pun ditutup dengan flash mob tarian daerah yang diikuti oleh seluruh Catar, pelatih, pegawai serta pejabat PIP Semarang.



Leave a Reply