Menuju Unggul, PIP Semarang Siapkan Dokumen Konversi Peringkat Akreditasi Institusi

Akreditasi merupakan instrumen dalam menentukan penentuan standar mutu dan penilaian perguruan tinggi oleh pihak pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) bagi sebuah Perguruan Tinggi. Akreditasi ada dua, yakni akreditasi prodi dan akreditasi institusi. Keduanya saling menunjang, untuk menjadikan masing-masing menjadi lebih baik Dalam rangka pemantapan akreditasi institusi Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Satuan Penjaminan Mutu (SPM) mengadakan Sosialisasi Penyusunan Dokumen Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0, pada Senin, 11 September 2023 di Ruang Sidang Besar (RSB) Lantai 2 Gedung Utama PIP Semarang.

Instrumen APT 3.0 ini merupakan generasi baru dalam pengajuan dokumen borang kepada BAN-PT. Adapun instrumen utama yaitu pertama tata pamong, tata kelola dan kerjasama, kedua mahasiswa dan lulusan, ketiga sumber daya manusia, keempat keuangan, sarana dan prasarana, kelima luaran dan capaian Tri Dharma. PIP Semarang memiliki tiga Program Studi (Prodi) yang telah berhasil meraih predikat “Unggul” menjadi modal dalam proses pengajuan konversi peringkat.

Hadir sekaligus membuka acara secara resmi mewakili Direktur PIP Semarang, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., selaku Pembantu Direktur I. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan kegiatan ini merupakan kesempatan untuk dapat merumuskan bersama dari masing-masing koordinator untuk mencapai sesuatu persepsi ataupun pemahaman yang sama dalam mempersiapkan prosedur submit ISK melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN-PT. Selanjutnya dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., memberikan pengarahan tambahan terkait kelengkapan dokumen borang APT yang harus segera diselesaikan. Kegiatan Sosialisasi ini mengundang asesor Prof. Daeng Paroka, ST., MT., Ph.D., dari Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Kampus Gowa sebagai pemateri.



Leave a Reply