Sambut Visitasi, PIP Semarang Gelar Lokakarya Penyusunan Data Dukung Akreditasi Internasional

Sebanyak tiga Program Studi (Prodi) di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang yaitu Prodi Nautika, Prodi Teknika, dan Prodi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK) telah diajukan untuk mendapatkan Akreditasi Internasional dari Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS). Pengajuan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta peringkat PIP Semarang di level nasional dan internasional.

Pada hari Rabu-Jumat, 23-25 Agustus 2023 bertempat di Ruang Pertemuan Productive lantai 2 Hotel Harris Solo, PIP Semarang menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Dokumen Data Dukung Pembelajaran untuk Akreditasi Internasional AQAS. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan dokumen yang akan di visitasi pada bulan Oktober 2023. Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., mewakili Direktur PIP Semarang, didampingi Ketua Prodi Nautika, Yustina Sapan, S.Si.T., M.M., dan Ketua Satuan Penjaminan Mutu Dr. Andy Wahyu Hermanto, M.T.,beserta dosen PIP Semarang dan panitia. Dalam sambutannya Agus menyampaikan agar dapat memaksimalkan waktu untuk menyusun data dukung pembelajaran serta Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk melengkapi dokumen yang diminta oleh tim AQAS. Ketua Prodi Teknika Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E., dalam kesempatan yang sama memberikan pengarahan tambahan terkait RPS dan dokumen pendukung yang harus segera diselesaikan dan mata kuliah yang berbasis praktik sangat ditekankan sehingga dapat menjadi pengetahuan dan keterampilan untuk dapat dipersiapkan dengan baik.

Selanjutnya dosen atau para pengajar dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan program studi, selama tiga hari ini masing-masing kelompok bekerja secara mandiri untuk menyelesaikan RPS dan menyusun dokumen data dukung pembelajaran. Masing-masing prodi mempresentasikan hasil RPS untuk direview dan dilakukan perbaikan agar segera dikirimkan ke AQAS. Kemudian dilaksanakan diskusi untuk mendapatkan masukan dan saran terkait possible questions kepada dosen dari assessor AQAS pada saat site visit akreditasi.



Leave a Reply