Dosen PIP Semarang Lakukan Bimtek Pembaruan Data Pengisian BKD Semester I Tahun 2023

Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) adalah program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) Semester I Tahun 2023, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selenggarakan Bimtek Update Data Feeder SISTER. Kegiatan dilaksanakan  di Barata Ballroom, Ramada Suites Hotels, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, pada  Rabu–Sabtu, (5 –7 Juli 2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Direktur I, Dr. A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E., mewakili Direktur PIP Semarang, didampingi Kapala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Capt. Ilham Ashari, S.SiT., M.M., M.Mar., beserta dosen PIP Semarang dan panitia. Dalam sambutannya Agus menyampaikan pentingnya pengisian data yang dilakukan oleh seorang dosen pada SISTER. “Melalui SISTER ini setiap dosen bisa membangun portofolio yang bisa menyimpan seluruh aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukannya. Dosen bisa menyimpan seluruh data yang terkumpul dengan lengkap tanpa harus khawatir kehilangan data,” ujar Agus.

Ada beberapa narasumber yang dihadirkan baik melalui luring maupun daring, antara lain Jimmi, S.Kom., M.M., (Analis Kebijakan Ahli Muda, Ketua Tim Peningkatan Karier, Kualifikasi, dan Kompetensi SD Dikti Vokasi) dengan materi Sosialisasi Kebijakan Penilaian Angka Kredit Dosen baru berdasarkan Permenpan Nomor 1 Tahun 2023, selanjutnya Prof. Dwi Suhartanto, Ph.D., (Tim BDK Kemdikbudristek) dengan materi Rubrik dan Matriks PO BKD, kemudian hadir Citra Amitiurna, S.S., M.PA., (Analis Kerjasama, Koordinator Kelompok Kerja Sumber Daya) dengan materi Arah dan Kebijakan BKD. Pada kesempatan yang sama, Rizky Tito Prasetyo, S.T., M.T.,  (Tim SISTER Kemdikbudristek) menyampaikan materi Aplikasi SISTER. Pada hari kedua dilaksanakan Pengarahan ujian seleksi Asesor BKD, Ujian Kompetensi, dan Ujian Keterampilan Asesor BKD yang dilakukan oleh Tim BKD Ditjen Dikti Kemendikbudristek antara lain Pretty Lastsweet Ademaydhie Fitria, S.Pd., (Analis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Di hari terakhir materi Penilaian Angka Kredit Dosen untuk kenaikan jabatan fungsional Lektor ke Lektor Kepala dan Lektor Kepala ke Professor disampaikan oleh Prof. Dr. Sudarmin, M.Si., (Dosen UNNES dan Asesor Lektor Kepala).



Leave a Reply